PROFIL

PROFIL LEMBAGA
1.Identitas Lembaga
   a. Nama Lembaga  : PKBM ASH HABUL HIDAYAH
   b. Alamat Lengkap :
      - Sekretariat : Jl. Ciliwung I/ 8 – z RT 11 RW 07 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota
        Malang Jawa Timur Kode Pos 65122 Telp. (0341) 7577781
      - Operasional : Jl. Karya Timur Nomor 26 RT 01 RW 07 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing
         Kota Malang Jawa Timur Kode Pos 65122 (0341) 3149091
   c. Legalitas Lembaga : Akta Pendirian Tanggal 26 Januari 2013 Nomor 07 Dihadapan Notaris Titik
       Soeryati Soekesi, S.H
   d. No. Rekening :
   e. NPWP : 31.488.425.5-652.000

2.Kegiatan Meliputi
   a. Kelompok Bermain
   b. Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
   c. Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
   d. Pendampingan dan Bimbingan Belajar
   e. Kegiatan Keterampilan Keluarga dan Perbaikan Gizi Keluarga
   f. Budi Daya Cacing Tanah


PENGURUS PKBM
Susunan pengurus dibentuk agar kegiatan operasional lembaga dapat berjalan lancar sesuai dengan program kerja yang ditetapkan berdasarkan tugas dan tanggungjawab. Adapun susunan pengurus lembaga sebagai berikut:
a. Daftar Pengurus Lembaga

No
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Yuli Harlita, S.Pd
Ketua Lembaga
2.
Soekardi Arif Widijanto, S.Pd
Sekretaris
3.
Pupun Harsasi, S.S
Bendahara
4.
Mawarde Praja, S.S
Koordinator Humas
5.
Adib Zainudin, S.Pd.I
Koordinator Pendidikan dan Pembelajaran

b.    Uraian Tugas
1.    Ketua Lembaga
a.    Membuat, melaksanakan dan mengevaluasi program kerja lembaga
b.    Mengkoordinasikan seluruh kegiatan lembaga
c.    Mengkoordinasikan seluruh kegiatan melalui kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pemasaran
d.   Membina tata hubungan SDM
e.    Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan laporan keuangan
2.    Sekretaris
a.    Mengagendakan seluruh kegiatan lembaga
b.    Mengarsipkan dokumen lembaga
c.    Bertanggungjawab terhadap segala kegiatan kesekretariatan kepada Ketua Lembaga
3.    Bendahara
a.    Menyusun RAB kegiatan lembaga
b.    Menyusun aliran kas lembaga
c.    Menyusun laporan keuangan setiap bulan untuk disampaikan kepada ketua
d.   Bertanggungjawab terhadap segala kegiatannya kepada Ketua Lembaga
4.    Koordinator Pembelajaran
a.    Menyusun jadwal pembelajaran
b.    Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sistem dan proses pembelajaran
c.    Bertanggungjawab terhadap segala kegiatan pembelajaran kepada Ketua Lembaga
5.    Koordinator Humas
a.    Menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan
b.    Melakukan kegiatan promosi dan sosislisasi di lingkungan sekitar
c.  Bertanggungjawab terhadap segala kegiatannya kepada Ketua Lembaga

SARANA DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan daya dukung penyelenggaraan dan keberlangsungan kegiatan lembaga. Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki sebagai berikut:


No
Jenis Sarana
Keadaan
Keterangan
1
Luas Gedung Lembaga
Luas Tanah        :  112 m2
Luas Bangunan  :  81 m2


2
Tempat Penyelenggaraan Kegiatan
Rumah
Lantai I  3 lokal, Ruang Administrasi, Dapur
Lantai II 2 Lokal
3
Status Bangunan/ Gedung Lembaga
Kontrak/ Sewa
Copy Terlampir
4
Sarana Belajar
Meja & kursi belajar    : 36 set
Papan tulis                   : 4 unit
Lemari/ rak buku         : 2 unit
Mesin tik                     : 1 unit
Komputer                    : 1 unit
Bahan ajar                   : 253 judul
Bahan Bacaan             : 221 judul
Bagus
Bagus
Bagus
Diperbaiki
Bagus
Layak
Layak

PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIK
a. Tenaga Pendidik
No
Nama
Mata Pelajaran
1
Yuli Harlita, S.Pd
Sejarah dan Sosiologi
2
Mawarde Praja, S.S
Bahasa Inggris
3
Evi Florentina, S.Pd
Bhs. Indonesia
4
Machmudji, S.Pd
Matematika
5
Dra. Etty
Bhs. Daerah
6
Ratna Novitayati, Dipl.Ed.SS., M.Pd
Ekonomi dan Akuntansi
7
Muhammad Adib, S.Pd.I
PAI dan Geografi
8
Wisnuwardhana, BA
IPA
9
Soekardi Arif Widijanto, Dipl.Ed.SS., M.Pd
PPKn
10
Dimas Singgih, M.Pd
Bahasa Indonesia
11
Rosyidatul Aminah
Kelompok Bermain
12
Erna Nurhanifah, S.Pd
Kelompok Bermain

    
b. Tenaga Kependidikan
No
Nama
Bidang
1
Atas Woro
Petugas Adminsitrasi  dan Pembantu Umum

 KEMITRAAN
Untuk saat ini lembaga telah menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga/ institusi/ sekolah atau pemangku kepentingan lainnya, yakni:
a.    Kelompok bermain
b.    Pendidikan Kesetaraan
c.    Taman Bacaan masyarakat
Menjalin kemitraan dengan Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang dengan mendatangkan Perpustakaan Keliling mengingat baik jumlah koleksi maupun tema Buku/ Bacaan lembaga masih sangat terbatas, 1 Juta Buka Bandung sebagai donatur on line pengadaan buku/ bahan bacaan, dan SMA Laboratorium Malang sebagai donatur buku-buku pelajaran serta Bank Sampah Kota Malang (BSM) dalam rangka merintis budi daya cacing tanah.
d.   Bimbingan dan pendampingan belajar
Bekerja sama dengan SDN 2 Bunul Malang, SDN Polehan 3 Malang, SDN Blimbing 2 Malang, SMP Kartika IV-8 Malang, SMP Islam Ma’arif Malang, SMK Negeri 3 Malang.

PRESTASI 
1. Ikut berpartisipasi dalam penyusunan Buku Ajar Peningkatan Pendidik PAUD dan PNF tahun 2012 
    dengan Judul “Pelayanan Bimbingan Konseling pada Keaksaraan“ atas nama Tutor lembaga, yakni: 
    Dra. Dwi Khoriyah.
2. Juara 2 Apresiasi PTK PAUDNI Penulisan Karya NyataTingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2014  kategori Pengelola TBM oleh Yuli Harlita, S.Pd


P    PELAKSANAAN
Kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada tahun pelajaran 2013 – 2014 diselenggarakan baik di tempat kantor sekretariat maupun kantor operasional meliputi kegiatan Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Kesetaraan, Pendampingan dan Bimbingan Belajar, kegiatan keterampilan keluarga dan perbaikan gizi, mengikuti Pelatihan Budidaya Cacing Tanah di Rumah Cacing Kecamatan Sukun Kota Malang.
1.    Jadwal Rapat Koordinasi Pengurus dan Tutor
       sekali dalam satu semester    
2.    Jadwal KBM Kelompok Bermain (KB)
Hari
Pukul
Ruang
Senin
15.30 – 17.00
1 dan 2
Rabu
15.30 – 17.00
1 dan 2
Jum’at
15.30 – 17.00
1 dan 2

3.    Jadwal Pendidikan Kesetaraan
Program 12 IPS (Paket C)
Hari
Pukul
Mata Pelajaran
Ruang
Kamis
17.30 – 20.00
I.     Matematika
II.    Ekonomi Akuntansi
4
Jum’at
17.30 – 20.00
I.     Sosiologi
II.    PKn
III. Geografi
4
Sabtu
17.30 – 20.00
I.     Bahasa Indonesia
II.    Bahasa Inggris
4
    
Jenjang SMP (Paket B)
Hari
Pukul
Mata Pelajaran
Ruang
Kamis
17.30 – 20.00
I.     Matematika
II.    IPS
3
Jum’at
17.30 – 20.00
I.     IPA
II.    PKn
3
Sabtu
17.30 – 20.00
I.     Bahasa Indonesia
II.    Bahasa Inggris
3

4.    Jadwal Pendampingan  dan Bimbingan Belajar
Kelas
Hari
Pukul
Mata Pelajaran
Ruang
3 dan 4 SD
Senin – Rabu – Jum’at
14.30 – 16.00
B. Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,  Bhs. Daerah, B. Inggris,
1
5 SD
Senin – Rabu – Jum’at
16.00 – 17.30
B. Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,  Bhs. Daerah, B. Inggris,
3
6 SD
Senin – Rabu – Jum’at
16.00 – 17.30
B. Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,  Bhs. Daerah, B. Inggris,
4
7 SMP
Selasa – Kamis
16.00 – 18.00
B. Indonesia, Matematika, B. Inggris, Biologi, Fisika
3
12 SMK
Selasa – Kamis
16.00 – 18.00
B. Indonesia, Matematika, B. Inggris
4

5.    Jadwal Taman Bacaan Masyarakat (TBM) 
        Untuk TBM tidak disusun jadwal secara khusus, melainkan jadwal menyesuaikan dengan kantor operasional yakni jam 12.00 – 20.00 setiap hari Senin s.d. Sabtu.
6.    Jadwal Keterampilan Keluarga dan Perbaikan Gizi Keluarga
Dilaksanakan sekali dalam sebulan menyesuaikan kesepatan orang tua siswa. Saat ini telah dilaksanakan kegiatan pada bulan Maret, April, dan Juni 2013.
7.    Jadwal Kegiatan Pembekalan Usaha Pertanian Terpadu
Program ini akan dilaksanakan setelah lembaga mengirim pengurus untuk mengikuti pembekalan di Rumah Cacing Milik Bapak A.A. Adam M. S.T berlokasi di Kecamatan Sukun Malang pada tanggal 21 Juli 2013.  Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat melakukan pengimbasan keterampilan dan segera mengaplikasikannya melalui pembuatan wahana budidaya cacing tanah 
2.        Penilaian
Penilaian dilaksanakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan dan prestasi peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran di PKBM Ash Habul Hidayah Malang. Adapun penilaian yang dilaksanakan berturut-turut sebagai berikut:

No
Kegiatan
Bentuk/ Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
Kriteria Keberhasilan
1
Kelompok Bermain























a.      Penilaian Harian












b.      Penilaian Semester



a. Format Penilaian Perkembangan Anak











b. Buku Laporan Perkembangan Anak



a. Meliputi Aspek:
a.     Afektif (A)
b.     Psikomotor (P)
c.     Bahasa (B)
d.     Kognitif (K)
e.     Fisik (F)
f.      Sosial Emosional (S)
    Dengan masing-masing aspek memiliki rentang:
1.     1 = Kurang
2.     2 = Cukup
3.     3 = Baik
4.     4 = Baik Sekali

b.  Meliputi aspek: Keagamaan dan Moral, Kemampuan Bahasa, Kemampuan Fisik, Kognitif, Sosial Emosional, Seni dan Keterampilan Hidup.
    Dengan kriteria pencapaian kompetensi pada masing-masing aspek:
1.     BM  = Belum Muncul
2.     MM = Mulai Muncul
3.     BSH = Berkembang Sesuai Harapan
4.     BSB = Berkembang Sangat Baik
2
Pendidikan Kesetaraan (Paket B, dan C)
Tes Tulis
a. Penilaian menjelang UTS 1 dan 2
b. Penilaian menjelang Ulangan Semester 1
c.  Penilaian menjelang UKK
d. Penilaian menjelang UN dan USEK
Pilihan Ganda sesuai mata pelajaran yang diperoleh dengan jumlah 40 butir soal
Mengacu pada Standar Penilaian
3
Pendampingan dan Bimbingan Belajar
Tes Tulis
e.  Penilaian menjelang UTS 1 dan 2
f.  Penilaian menjelang Ulangan Semester 1
g.  Penilaian menjelang UKK
h. Penilaian menjelang UN dan USEK
Pilihan Ganda sesuai mata pelajaran yang diperoleh dengan jumlah 40 butir soal
Penekanan pada aspek penguasaan Materi dan Drill penyelesaian soal (Kognitif) yang hasilnya dituangkan secara tertulis pada Progress Report sebagai Penilaian Hasil Belajar
4
Pelatihan Budidaya Cacing Tanah
Praktik Langsung
Rubrik Penilaian
Dilakukan oleh Kelompok Usaha Pertanian Terpadu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar