1.Identitas Lembaga
a. Nama Lembaga : PKBM ASH HABUL HIDAYAH
b. Alamat Lengkap :
- Sekretariat : Jl. Ciliwung I/ 8 – z RT 11 RW 07 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota
Malang Jawa Timur Kode Pos 65122 Telp. (0341) 7577781
- Operasional : Jl. Karya Timur Nomor 26 RT 01 RW 07 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing
Kota Malang Jawa Timur Kode Pos 65122 (0341) 3149091
c. Legalitas Lembaga : Akta Pendirian Tanggal 26 Januari 2013 Nomor 07 Dihadapan Notaris Titik
Soeryati Soekesi, S.H
d. No. Rekening :
e. NPWP : 31.488.425.5-652.000
2.Kegiatan Meliputi
a. Kelompok Bermain
b. Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C
c. Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
d. Pendampingan dan Bimbingan Belajar
e. Kegiatan Keterampilan Keluarga dan Perbaikan Gizi Keluarga
f. Budi Daya Cacing Tanah
PENGURUS PKBM
Susunan pengurus dibentuk agar kegiatan operasional lembaga dapat berjalan lancar sesuai dengan program kerja yang ditetapkan berdasarkan tugas dan tanggungjawab. Adapun susunan pengurus lembaga sebagai berikut:
a. Daftar Pengurus Lembaga
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1.
|
Yuli
Harlita, S.Pd
|
Ketua Lembaga
|
|
2.
|
Soekardi Arif Widijanto, S.Pd
|
Sekretaris
|
|
3.
|
Pupun
Harsasi, S.S
|
Bendahara
|
|
4.
|
Mawarde Praja, S.S
|
Koordinator Humas
|
|
5.
|
Adib Zainudin, S.Pd.I
|
Koordinator Pendidikan dan Pembelajaran
|
b. Uraian
Tugas
1. Ketua Lembaga
a. Membuat, melaksanakan dan
mengevaluasi program kerja lembaga
b. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan
lembaga
c.
Mengkoordinasikan
seluruh kegiatan melalui kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pemasaran
d. Membina tata hubungan SDM
e. Mengkoordinasikan kegiatan yang
berkaitan dengan laporan keuangan
2. Sekretaris
a. Mengagendakan seluruh kegiatan
lembaga
b. Mengarsipkan dokumen lembaga
c. Bertanggungjawab terhadap segala
kegiatan kesekretariatan kepada Ketua Lembaga
3. Bendahara
a. Menyusun
RAB kegiatan lembaga
b. Menyusun aliran kas lembaga
c. Menyusun
laporan keuangan setiap bulan untuk disampaikan kepada ketua
d.
Bertanggungjawab
terhadap segala kegiatannya kepada Ketua Lembaga
4. Koordinator Pembelajaran
a. Menyusun jadwal pembelajaran
b.
Merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi sistem dan proses pembelajaran
c.
Bertanggungjawab
terhadap segala kegiatan pembelajaran kepada Ketua Lembaga
5. Koordinator Humas
a. Menjalin kerjasama dengan pemangku
kepentingan
b.
Melakukan
kegiatan promosi dan sosislisasi di lingkungan sekitar
c. Bertanggungjawab terhadap segala kegiatannya
kepada Ketua Lembaga
Sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan daya dukung penyelenggaraan dan keberlangsungan kegiatan lembaga. Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki sebagai berikut:
No
|
Jenis Sarana
|
Keadaan
|
Keterangan
|
1
|
Luas Gedung
Lembaga
|
Luas Tanah : 112
m2
Luas Bangunan : 81 m2
|
|
2
|
Tempat
Penyelenggaraan Kegiatan
|
Rumah
|
Lantai I 3 lokal, Ruang Administrasi, Dapur
Lantai II 2 Lokal
|
3
|
Status
Bangunan/ Gedung Lembaga
|
Kontrak/ Sewa
|
Copy Terlampir
|
4
|
Sarana Belajar
|
Meja & kursi belajar : 36
set
Papan tulis : 4 unit
Lemari/ rak buku : 2
unit
Mesin tik : 1 unit
Komputer : 1 unit
Bahan ajar : 253 judul
Bahan Bacaan : 221
judul
|
Bagus
Bagus
Bagus
Diperbaiki
Bagus
Layak
Layak
|
a. Tenaga
Pendidik
No
|
Nama
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Yuli Harlita, S.Pd
|
Sejarah dan Sosiologi
|
2
|
Mawarde Praja, S.S
|
Bahasa Inggris
|
3
|
Evi Florentina, S.Pd
|
Bhs. Indonesia
|
4
|
Machmudji, S.Pd
|
Matematika
|
5
|
Dra. Etty
|
Bhs. Daerah
|
6
|
Ratna Novitayati, Dipl.Ed.SS., M.Pd
|
Ekonomi dan Akuntansi
|
7
|
Muhammad Adib, S.Pd.I
|
PAI dan Geografi
|
8
|
Wisnuwardhana, BA
|
IPA
|
9
|
Soekardi Arif Widijanto,
|
PPKn
|
10
|
Dimas Singgih, M.Pd
|
Bahasa Indonesia
|
11
|
Rosyidatul Aminah
|
Kelompok Bermain
|
12
|
Erna Nurhanifah, S.Pd
|
Kelompok Bermain
|
b. Tenaga
Kependidikan
No
|
Nama
|
Bidang
|
1
|
Atas Woro
|
Petugas Adminsitrasi dan Pembantu Umum
|
Untuk saat ini lembaga telah menjalin kemitraan dengan
beberapa lembaga/ institusi/ sekolah atau pemangku kepentingan lainnya, yakni:
a.
Kelompok
bermain
b.
Pendidikan
Kesetaraan
c.
Taman
Bacaan masyarakat
Menjalin kemitraan dengan Sanggar Kegiatan Belajar Kota
Malang dengan mendatangkan Perpustakaan Keliling mengingat baik jumlah koleksi
maupun tema Buku/ Bacaan lembaga masih sangat terbatas, 1 Juta Buka Bandung
sebagai donatur on line pengadaan buku/ bahan bacaan, dan SMA Laboratorium
Malang sebagai donatur buku-buku pelajaran serta Bank Sampah Kota Malang (BSM) dalam
rangka merintis budi daya cacing tanah.
d.
Bimbingan
dan pendampingan belajar
Bekerja sama dengan SDN 2 Bunul Malang, SDN Polehan 3
Malang, SDN Blimbing 2 Malang, SMP Kartika IV-8 Malang, SMP Islam Ma’arif Malang,
SMK Negeri 3 Malang.
PRESTASI
1. Ikut berpartisipasi dalam penyusunan Buku Ajar
Peningkatan Pendidik PAUD dan PNF tahun 2012 dengan Judul “Pelayanan Bimbingan Konseling pada Keaksaraan“ atas nama Tutor lembaga, yakni:
Dra. Dwi Khoriyah.
2. Juara 2 Apresiasi PTK PAUDNI Penulisan Karya NyataTingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2014 kategori Pengelola TBM oleh Yuli Harlita, S.Pd
P PELAKSANAAN
Kegiatan
pembelajaran yang direncanakan pada tahun pelajaran 2013 – 2014 diselenggarakan
baik di tempat kantor sekretariat maupun kantor operasional meliputi kegiatan
Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Kesetaraan, Pendampingan dan Bimbingan
Belajar, kegiatan keterampilan keluarga dan perbaikan gizi, mengikuti Pelatihan
Budidaya Cacing Tanah di Rumah Cacing Kecamatan Sukun Kota Malang.
1. Jadwal Rapat
Koordinasi Pengurus dan Tutor
sekali dalam satu semester
2. Jadwal KBM
Kelompok Bermain (KB)
Hari
|
Pukul
|
Ruang
|
Senin
|
15.30 – 17.00
|
1 dan 2
|
Rabu
|
15.30 – 17.00
|
1 dan 2
|
Jum’at
|
15.30 – 17.00
|
1 dan 2
|
3. Jadwal Pendidikan
Kesetaraan
Program
12 IPS (Paket C)
Hari
|
Pukul
|
Mata
Pelajaran
|
Ruang
|
Kamis
|
17.30 – 20.00
|
I. Matematika
II. Ekonomi
Akuntansi
|
4
|
Jum’at
|
17.30 – 20.00
|
I. Sosiologi
II. PKn
III. Geografi
|
4
|
Sabtu
|
17.30 – 20.00
|
I. Bahasa
Indonesia
II. Bahasa Inggris
|
4
|
Jenjang
SMP (Paket B)
Hari
|
Pukul
|
Mata Pelajaran
|
Ruang
|
Kamis
|
17.30 – 20.00
|
I. Matematika
II. IPS
|
3
|
Jum’at
|
17.30 – 20.00
|
I. IPA
II. PKn
|
3
|
Sabtu
|
17.30 – 20.00
|
I. Bahasa
Indonesia
II. Bahasa Inggris
|
3
|
4. Jadwal
Pendampingan dan Bimbingan Belajar
Kelas
|
Hari
|
Pukul
|
Mata
Pelajaran
|
Ruang
|
3 dan 4 SD
|
Senin – Rabu – Jum’at
|
14.30 – 16.00
|
B.
Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,
Bhs. Daerah, B. Inggris,
|
1
|
5 SD
|
Senin – Rabu – Jum’at
|
16.00 – 17.30
|
B.
Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,
Bhs. Daerah, B. Inggris,
|
3
|
6 SD
|
Senin – Rabu – Jum’at
|
16.00 – 17.30
|
B.
Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika,
Bhs. Daerah, B. Inggris,
|
4
|
7 SMP
|
Selasa – Kamis
|
16.00 – 18.00
|
B. Indonesia, Matematika, B.
Inggris, Biologi, Fisika
|
3
|
12 SMK
|
Selasa – Kamis
|
16.00 – 18.00
|
B. Indonesia, Matematika, B.
Inggris
|
4
|
5. Jadwal Taman
Bacaan Masyarakat (TBM)
Untuk TBM tidak disusun jadwal secara khusus,
melainkan jadwal menyesuaikan dengan kantor operasional yakni jam 12.00 – 20.00
setiap hari Senin s.d. Sabtu.
6. Jadwal
Keterampilan Keluarga dan Perbaikan Gizi Keluarga
Dilaksanakan
sekali dalam sebulan menyesuaikan kesepatan orang tua siswa. Saat ini telah
dilaksanakan kegiatan pada bulan Maret, April, dan Juni 2013.
7. Jadwal Kegiatan
Pembekalan Usaha Pertanian Terpadu
Program
ini akan dilaksanakan setelah lembaga mengirim pengurus untuk mengikuti pembekalan
di Rumah Cacing Milik Bapak A.A. Adam M. S.T berlokasi di Kecamatan Sukun
Malang pada tanggal 21 Juli 2013. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat melakukan pengimbasan
keterampilan dan segera mengaplikasikannya melalui pembuatan wahana budidaya
cacing tanah
2. Penilaian
2. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan dan
prestasi peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran di PKBM Ash Habul
Hidayah Malang. Adapun penilaian yang dilaksanakan berturut-turut sebagai
berikut:
No
|
Kegiatan
|
Bentuk/
Teknik Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Kriteria
Keberhasilan
|
1
|
Kelompok
Bermain
|
a.
Penilaian Harian
b.
Penilaian Semester
|
a.
Format Penilaian Perkembangan Anak
b.
Buku Laporan Perkembangan Anak
|
a.
Meliputi Aspek:
a.
Afektif (A)
b.
Psikomotor (P)
c.
Bahasa (B)
d.
Kognitif (K)
e.
Fisik (F)
f.
Sosial Emosional (S)
Dengan masing-masing aspek memiliki
rentang:
1.
1 = Kurang
2.
2 = Cukup
3.
3 = Baik
4.
4 = Baik Sekali
b.
Meliputi aspek: Keagamaan dan Moral, Kemampuan
Bahasa, Kemampuan Fisik, Kognitif, Sosial Emosional, Seni dan Keterampilan
Hidup.
Dengan kriteria pencapaian kompetensi pada
masing-masing aspek:
1. BM = Belum Muncul
2. MM = Mulai Muncul
3. BSH = Berkembang Sesuai Harapan
4. BSB = Berkembang Sangat Baik
|
2
|
Pendidikan
Kesetaraan (Paket B, dan C)
|
Tes Tulis
a. Penilaian
menjelang UTS 1 dan 2
b. Penilaian
menjelang Ulangan Semester 1
c. Penilaian
menjelang UKK
d. Penilaian
menjelang UN dan USEK
|
Pilihan Ganda
sesuai mata pelajaran yang diperoleh dengan jumlah 40 butir soal
|
Mengacu pada
Standar Penilaian
|
3
|
Pendampingan
dan Bimbingan Belajar
|
Tes Tulis
e. Penilaian
menjelang UTS 1 dan 2
f. Penilaian
menjelang Ulangan Semester 1
g. Penilaian
menjelang UKK
h. Penilaian
menjelang UN dan USEK
|
Pilihan Ganda
sesuai mata pelajaran yang diperoleh dengan jumlah 40 butir soal
|
Penekanan pada
aspek penguasaan Materi dan Drill penyelesaian soal (Kognitif) yang hasilnya
dituangkan secara tertulis pada Progress
Report sebagai Penilaian Hasil Belajar
|
4
|
Pelatihan
Budidaya Cacing Tanah
|
Praktik
Langsung
|
Rubrik
Penilaian
|
Dilakukan oleh
Kelompok Usaha Pertanian Terpadu
|






Tidak ada komentar:
Posting Komentar